Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bandar LampungBerita UtamaPolitik

Bawaslu Sebut Pengawas TPS Ujung Tombak Jaga Kualitas Pilkada

14
×

Bawaslu Sebut Pengawas TPS Ujung Tombak Jaga Kualitas Pilkada

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG, RELASIPUBLIK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung menyebutkan bahwa pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) merupakan ujung tombak dalam menjaga kualitas pilkada.

“PTPS ini adalah instrumen penting bagi Bawaslu dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pilkada karena mereka juga ikut menentukan kualitas dari proses pemungutan dan penghitungan suara nanti,” kata anggota Bawaslu Kota Bandarlampung Kordiv Sumber Daya Manusia (SDM), Asep Setiawan, di Bandarlampung, Minggu.

Example 300x600

Dia pun meminta kepada 1.700 PTPS yang baru dan akan dilantik dapat menjadi sosok yang aktif, progresif serta mengerti ataupun paham tugas dan wewenangnya di lapangan sebab mereka juga memilki peranan penting dan strategis dalam pilkada.

Apalagi, kata dia, saat ini sedang dalam masa pandemi COVID-19 sehingga tugas pengawasan dari PTPS semakin terasa berat.

“Sekarang tugas mereka akan bertambah karena tidak hanya mengawasi tahapan pilkadanya saja, namun protokol kesehatan pada saat pemilihannya juga,” kata dia.

Namun, dia pun optimis bahwa PTPS yang direkrutnya dapat mengemban amanah dan tugas yang diberikan dengan jujur dan baik sebab mereka merupakan orang-orang yang berintegritas dan tidak terafiliasi dengan kelompok manapun.

“Sebelum kita memilih mereka tentunya kita sudah menelusuri rekam jejaknya dan sejauh ini mereka bebas dan tidak ada sangkut paut dengan partai politik atau kelompok lainnya karena sampai saat ini pun belum ada tanggapan dari masyarakat tentang PTPS yang kami rekrut,” kata dia.

Koordinator Divisi Humas, Data, dan Informasi Bawaslu Bandarlampung, Yusni Ilham mengingatkan PTPS harus memilki rasa tanggung jawab, berintegritas dan murni serta tidak ada niatan selain proses demokrasi di kota ini benar-benar berjalan dengan baik.

“PTPS harus benar-benar melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Bawaslu. Jangan sampai pula di TPS, Pengawas hanya menjadi pelengkap,” kata dia.

Sehubungan itu, lanjut dia, panitia pengawas kecamatan dan kelurahan harus berupaya meningkatkan kapasitas PTPS yang baru dilantik ini sebab rata-rata dari mereka merupakan wajah-wajah baru di dunia pengawasan pemilu. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *